Jumat, 25 Januari 2013

Kisah Sukses Reza Nurhilman, Sang Presiden Keripik Pedas Maicih


Tak pernah terbayangkan oleh Reza Nurhilman jika perkenalannya dengan seorang nenek tiga tahun lalu menjadi awal kesuksesannya berbisnis. Pemuda 23 tahun ini menceritakan bagaimana ia bisa menemukan resep keripik singkong "setan" Maicih, yang kini menjadi perbincangan hangat di dunia maya dan tenar di kalangan anak muda Bandung.

Sekitar 2008, Reza diajak oleh seorang temannya ke daerah Cimahi dan mencicipi keripik buatan si nenek yang enggan ia sebutkan namanya. "Saya cicipin keripiknya dan memang enak," kata Reza atau biasa disebut Axl, Presiden Keripik Maicih, saat berbincang dengan Tempo di salah satu kafe di Bandung. 


Saat itu bungsu dari tiga bersaudara ini masih bekerja serabutan. Sesekali ia mengikuti pelatihan motivasi sumber daya manusia. Ia belum terpikir akan menggeluti bisnis itu. Baru pada Juni tahun 2009, Axl kembali mengunjungi rumah nenek itu. Ia melihat si nenek hanya membuat keripik pada saat-saat tertentu dan pemasarannya amat terbatas. Terlintas dalam pikirannya untuk membangun usaha menjual keripik.

"Saya menanyakan resep keripik buatannya dan nenek tidak keberatan saya juga membuat keripik dengan resep sama," ia menjelaskan.

Dengan bermodal Rp 15 juta, Axl mulai memproduksi keripik yang diberi merek Maicih sebanyak 50 bungkus per hari. Ia membuat perbedaan tingkat kepedasan dari level 1 hingga level 5. "Saya mulai ngider memasarkan keripik dengan memberikan sampel ke teman, saudara, memanfaatkan Twitter dan Facebook," katanya.

Pada 11 Februari 2010, di Paris Van Java Mall, Bandung, digelar acara trademark market. Kesempatan ini digunakan Axl untuk meluaskan pasar keripik Maicih. Ia merasa terbantu oleh berlangsungnya acara itu. Pasarnya bertambah. "Artis dan para pejabat jadi tahu dan penasaran dengan keripik Maicih," katanya. 


Nama Maicih, kata mahasiswa Manajemen Universitas Maranatha Bandung ini, diambil dari istilah dompet kecil yang suka dipakai ibu-ibu. Nama ini juga mengundang rasa penasaran konsumen karena terdengar nyeleneh. Pemasarannya dibantu oleh teman-temannya di sekolah menengah atas dan saudaranya. Walhasil, peminat keripik Maicih mulai banyak. "Awalnya karena penasaran dengan nama Maicih-nya," ucapnya.

Dalam sebulan, respons atas keripik itu mulai bermunculan. Kebanyakan mengomentari penyedap rasa yang amat dominan. "Saya langsung memperbaikinya karena enggak mau kehilangan pelanggan," ujarnya. Axl juga mulai mengenal selera pelanggan. "Lebih banyak yang suka keripik dengan kepedasan dari level 3 sampai 5," katanya. "Ada juga yang level 10, sangat pedas, tapi itu limited edition, gak diproduksi setiap hari."

Dalam menjalankan usahanya, Axl menerapkan prinsip totalitas, loyalitas, dan sinergi. Ia berharap kepercayaan pelanggan terjaga dan kekompakan tim pemasaran tetap berlangsung. Loyalitas terhadap keripik Maicih ini mendorong mereka membentuk satu komunitas yang bernama Icihers. Komunitas ini kebanyakan perempuan. Mereka amat aktif menyebarkan informasi tentang keripik Maicih.

Axl mengucapkan rasa terima kasihnya kepada kolega, saudara, dan para Icihers yang telah loyal memasarkan keripiknya. "Sehingga semakin banyak orang yang 'tericih-icih' (istilah ketagihan keripik Maicih)," ujarnya. 


Namun bukan berarti perjalanan bisnis Axl selalu berjalan mulus. Pada November tahun 2010, keripik Maicih tidak diproduksi akibat kurangnya alat penggorengan yang masih memakai tungku. "Pelanggan makin banyak tapi kapasitas penggorengan kurang," kata dia. Selama sebulan ia harus memperbaiki tunggu itu.

Saat ini dalam sehari ia bisa memproduksi 2.000 bungkus. "Selalu habis," ujar Axl. Ia berencana akan menambah jumlah produksi mencapai 10 ribu bungkus per hari. 
Axl, yang berasal dari keluarga ekonomi kurang mampu, tak menyangka usahanya bakal sesukses ini. Saat ini omzet penjualan keripik Maicih dalam sehari mencapai Rp 22 juta dan dalam sebulan bisa mencapai 7 milyar. Harga keripik dibanderol antara Rp 11 ribu dan Rp 15 ribu untuk luar Bandung.

Pelanggan di luar Bandung juga bisa memesan Maicih melalui sistem online di ngiderngiler.com. Dalam waktu dekat, Axl juga akan membuat wardrobe Maicih berupa kaus dan merchandise. "Saya ingin Maicih menjadi ciri khas Jajanan Bandung," kata dia.


Salam Sukses!
follow twitter saya ya: @inspirasi_mulia

35 komentar:

  1. Untuk teman-teman yang minat bergabung bersama dengan maicih, menjadi agen/ reseller di kota masing-masing silahkan hubungi

    Mochamad ali mulyana
    http://keripikmaicih.net
    085746634046/ 32A4C173

    BalasHapus
  2. Mau jadi reseler gimana ya.. kontak yg bsa dihubungi..

    BalasHapus
  3. malang july 15, 2014

    Dear mr.axl
    terimakash sudah berbagi cerita & pengalaman yang sangat berharga buat saya pribadi, maicih sdah bisa di nikmati masyarakat luas di kota malang.
    sukses selalu mr.axl * GO A HEAD *

    warm regards
    hady / malang - jatim

    BalasHapus
  4. aku izin Re-post ke Blog ku ya :D

    BalasHapus
  5. Bagi yang bingung ingin membuka usaha kripik silahkan klik Sukses Usaha Bisnis Segala Macam Keripik Semoga Sukses. :)

    BalasHapus
  6. permisi ya gan
    okeyprofits
    saya sudah coba dan rasakan keuntungannya
    sekarang giliran anda untuk merasakan dan menikmati keuntungannya
    modal 100 rb kita bisa untung jutaan rupiah hanya dalam 1 minggu.
    deposit 10 USD untung 1,5% perhari
    deposit 100 USD untung 2% perhari
    dan kita dapat bonus 5% untuk seiap member baru yg kita rekrut
    daftar dari url sya
    http://www.okeyprofits.com/register.php?ref=mhdadi27
    atau hubungi 087892336472 / 082166643133

    BalasHapus
  7. Salut sama pemuda yang satu ini. Diusianya yang masih tergolong muda, ia telah mampu mewujudkan ide cemerlangnya. Oh, iya, salut juga buat si nenek.

    BalasHapus
  8. Benar-benar menginspirasi. Salut buat pemuda yang memiliki jiwa bisnis seperti Reza.

    Ingin melangsingkan badan dengan produk herbal WSC-Biolo? Silahkan pesan di www.elonwootekh.com

    BalasHapus
  9. super banget inspirasinya.... semngat semuanya....

    BalasHapus
  10. inspirasi luar biasa... jangan pernah putus semangatnya buat semuanya...

    BalasHapus
  11. menginspirasi sekali, top :)

    BalasHapus
  12. KISAH NYATA..............
    Ass. Saya Dari Kota Surabaya Ingin Berbagi Cerita
    dulunya saya pengusaha sukses harta banyak dan kedudukan tinggi tapi semenjak
    saya ditipu oleh teman hampir semua aset saya habis,
    saya sempat putus asa hampir bunuh diri,tapi saya buka
    internet dan menemukan nomor Ki Jaya,saya beranikan diri untuk menghubungi
    beliau,saya dikasi solusi,
    awalnya saya ragu dan tidak percaya,tapi saya coba ikuti solusi dari Ki Jaya
    alhamdulillah sekarang saya dapat modal dan mulai merintis kembali usaha saya,
    sekarang saya bisa bayar hutang2 saya di bank Mandiri dan BNI,terimah kasih
    Ki,mau seperti saya silahkan hub Ki Jaya di nmr 0851 4534 1286 atau kunjungi
    web: www.danagaib.xtgem.com Kiyai Jaya,indahnya
    berbagi,assalamu alaikum

    BalasHapus
  13. ini kisah nyata saya . . . .

    perkenalkan nama saya zalinah aruf, saya berasal dari kota Bandung saya bekerja sebagai seorang karyawan di salah satu perusaan Yogyakarta.dimana saya sudah hampir kurang lebih tiga tahun lamanya saya bekerja di perusaan itu.

    Keinginan saya dan impian saya yang paling tinggi adalah ingin mempunyai usaha atau toko sendiri,namun jika hanya mengandalkan gaji yah mungkin butuh waktu yang sangat lama dimana belum biaya kontrakan dan utan yang menumpuk justru akan semakin sulit dan semakin lama impian itu tidak akan terwujud

    saya coba" buka internet dan saya lihat postingan orang yg sukses di bantu oleh seorang kyai dari sana saya coba menghubungi beliau, awalnya saya sms terus saya di suruh telpon balik disitulah awal kesuksesan saya.jika anda ingin mendapat jalan yang mudah untuk SOLUSI MUDAH, CEPAT LUNASI UTANG ANDA, DAN MASALAH EKONOMI YG LAIN, TANPA PERLU RITUAL, PUASA DLL. lewat sebuah bantuan penarikan dana ghoib oleh seorang kyai pimpinan pondok pesantren shohibul Qur’an. dan akhirnya saya pun mencoba menghubungi beliyau dengan maksut yang sama untuk impian saya dan membayar hutang hutang saya.puji syukur kepada tuhan yang maha esa melalui bantuan beliau.kini sy buka usaha distro di bandung.
    Sekali lagi Saya mau mengucapkan banyak terimah kasih kepada K.h. Muh. Safrijal atas bantuannya untuk mencapai impian saya sekarang ini. Untuk penjelsan lebis jelasnya silahkan >>>>>>>>KLIK SOLUSI TEPAT DISINI<<<<<<<<<
    Anda tak perlu ragu atau tertipu dan dikejar hutang lagi, Kini saya berbagi pengalaman sudah saya rasakan dan buktikan. Semoga bermanfaat. Amin..

    BalasHapus
  14. http://newsindoinfo.blogspot.com/2017/05/tato-wajah-ahok-permanen-young-lex.html

    BalasHapus
  15. maaf ya'ini cerita pendek aq,aq seorang perantau di kota surabaya,awalnya aq dtng di kota surabaya diajak kwn,tapi lama kelamaan aq tak dpt pekerjaan,terpaksa beranikan diri untuk meminjan uang ama rentenir,untuk dikirim ke keluarga di kampun,aq dsini cuma membntu kwn jual itu pun sedikit penhasilan,tpi aq tak sangup membayar hutang am rentenir dan hutang udah menunpuk,terpaksa aq am kwn cr jln di internet sahpatau ad jln keluar,kami cek ternyatah ada atas nama ki songo dgn no.085217519919 beliau berikan petunjuk dan arahan,tapi berkat uang balik dari aki songo yang aq pesan,it lah selalu kugunakan skrn,dan kumpulkan hasilnya untuk lunasi hutangq ama rentenir,atau anda mau lebih jelas klik www.paranormal-kisongo.blogspot.com,in kisah aq.terima kasih.

    BalasHapus
  16. Sangat menginspirasi, artikel yang menarik!!

    BalasHapus
  17. Inspirasi Sukses Mulia: Kisah Sukses Reza Nurhilman, Sang Presiden Keripik Pedas Maicih >>>>> Download Now

    >>>>> Download Full

    Inspirasi Sukses Mulia: Kisah Sukses Reza Nurhilman, Sang Presiden Keripik Pedas Maicih >>>>> Download LINK

    >>>>> Download Now

    Inspirasi Sukses Mulia: Kisah Sukses Reza Nurhilman, Sang Presiden Keripik Pedas Maicih >>>>> Download Full

    >>>>> Download LINK

    BalasHapus
  18. Inspirasi Sukses Mulia: Kisah Sukses Reza Nurhilman, Sang Presiden Keripik Pedas Maicih >>>>> Download Now

    >>>>> Download Full

    Inspirasi Sukses Mulia: Kisah Sukses Reza Nurhilman, Sang Presiden Keripik Pedas Maicih >>>>> Download LINK

    >>>>> Download Now

    Inspirasi Sukses Mulia: Kisah Sukses Reza Nurhilman, Sang Presiden Keripik Pedas Maicih >>>>> Download Full

    >>>>> Download LINK JN

    BalasHapus